# # # # #

Minggu, 06 Januari 2013

Menyusun Sebuah Paragraf

Paragraf adalah kumpulan beberapa kalimat. Biasanya, sebuah paragraf terdiri dari suatu pikiran, gagasan, atau ide pokok yang sangat terlihat jelas pada satu kalimat saja, sedangkan kalimat - kalimat lainnya merupakan kalimat yang menjelaskannya. Kalimat yang menunjukkan ide pokok disebutkan juga kalimat utama, sedangkan sisanya disebut juga kalimat penjelas.


Bila sebuah paragraf ingin disusun untuk menyatakan hal - hal umum (luas) terlebih dahulu sebelum hal - hal yang khusus, maka kalimat utama diletakkan di awal paragraf.
Contoh:
PEKILO tahun ini berlangsung meriah. Hal itu ditandai dengan partisipasi mahasiswa yang begitu tinggi disertai dengan antusias penonton yang begitu semarak. Mahasiswa dari negara lain pun rela menonton sepanjang pertandingan.


Kalimat 'PEKILO tahun ini belangsung meriah' adalah kalimat utama, sedangkan kalimat setelahnya ialah kalimat penjelas.


Sebaliknya, bila sebuah paragraf ingin disusun untuk menyatakan hal - hal khusus terlebih dahulu sebelum hal - hal umum, maka kalimat utama diletakkan di akhir paragraf.
Contoh:
Para peserta bermain secara sportif. Para suporter tak henti - hentinya memberi dukungan dengan sopan. Panitia dengan sigap mempersiapkan segala peralatan. Semua hal tersebut menunjukkan bahwa pertandingan sepak bola PEKILO berlangsung dengan baik.


Kalimat 'Semua hal tersebut menunjukkan bahwa pertandingan sepak bola PEKILO berlangsung dengan baik' adalah kalimat utama, sedangkan kalimat sebelumnya ialah kalimat penjelas.

0 komentar:

Posting Komentar