# # # # #

Selasa, 10 Januari 2012

Catatan Perut

Mungkin sebagian orang akan terasa aneh dan heran mendengar 'catatan perut'. "Perut kok ada catatannya?" Sebenarnya ini merupakan istilah umum dalam kepenulisan ilmiah seperti halnya 'catatan kaki' yang lebih populer. Keduanya adalah bentuk peletakan sumber kutipan atau referensi.


Catatan perut berfungsi sama dengan catatan kaki (footnote) yaitu untuk menegaskan isi uraian atau membuktikan kebenaran yang diajukan oleh penulis berdasarkan bukti - bukti yang diperoleh dari buku, majalah, jurnal, berita, atau referensi yang lain. Kelebihan catatan perut dibandingkan catatan kaki ialah pada kenyamanan pembaca untuk menemukan pokok tulisan secara menyeluruh. 


Dibandingkan dengan catatan kaki yang kadang - kadang mengusik pembaca dengan keterangan di bawah tulisan, catatan perut lebih sederhana dan jelas. Karena pada catatan perut hanya terdapat 3 unsur:
1. Nama belakang pengarang
2. Tahun penerbitan 
3. Nomor halaman


Contoh: 

Pembangunan nasional merupakan pembangunan di segala bidang yang mengarah pada kemakmuran rakyat. Selain menjadi pilar utama pembangunan nasional, pembangunan dalam bidang pendidikan mendorong suksesnya pembangunan di sektor – sektor lainnya. Setiap bangsa tentunya lebih menomorsatukan pembangunan dalam bidang pendidikan bila ingin maju (Isjoni, 2006: 21). Namun, kondisi Indonesia telah amat terpuruk oleh berbagai krisis yang mengakibatkan rendahnya mutu pendidikan di Indonesia sehingga berdampak pada rendahnya kualitas sumber daya manusia (Surya, 2004: 113).

Perlu diingat cara penulisannya:
buka kurung+nama belakang pengarang+koma+spasi+tahun penerbitan+titik dua+spasi+nomor halaman+tutup kurung

6 komentar:

Unknown mengatakan...

good.. very understanding

Unknown mengatakan...

Cara penempatan Catatan kaki ini di sebelah mananya.....
(bingung ?_?)

Anonim mengatakan...

preet

Unknown mengatakan...

kak, klo catatan lambung nya internet gimana? pernah nulis (kompas, 2017) .. tapi katanya salah, apa harus ditambah waktu pengambilannya?

Unknown mengatakan...

Mksih uda bisa membantu 😊

Unknown mengatakan...

kalo bukunya terjemahan yang dituli nama belakang penerjemahnya ato penulis aslinya ato kedua-duanya?

Posting Komentar