# # # # #

Jumat, 13 Januari 2012

Kalimat Majemuk

Dalam menulis sebuah karangan, kita tidak akan pernah lepas dari kalimat majemuk. Kalimat majemuk bisa diartikan sebagai kalimat yang terdiri atas beberapa pola kalimat. Terkadang kita bisa mendapatkan subjek yang berbeda, predikat yang berbeda, objek yang berbeda dalam satu kalimat majemuk.


Contohnya: Meskipun udara dingin menyelimuti kota Madinah, mahasiswa Universitas Islam Madinah bersemangat mengikuti pertandingan sepak bola.
Kalimat di atas terdiri dari dua kalimat, yaitu:
1. Udara dingin menyelimuti kota Madinah.
2. mahasiswa Universitas Islam Madinah bersemangat mengikuti pertandingan sepak bola.

Kita bisa lihat kedua kalimat tersebut memiliki subjek, predikat dan objek yang berbeda. Untuk menggabungkan dua kalimat tersebut kita membutuhkan kata penghubung meskipun. Untuk mengetahui unsur - unsur kalimat di atas, lihatlah penjelasan di bawan ini:
meskipun: kata penghubung
udara dingin: subjek 1
menyelimuti: predikat 1
kota Madinah: objek 1
mahasiswa Universitas Islam Madinah: subjek 2 
bersemangat: keterangan
mengikuti: predikat 2
pertandingan sepak bola: objek 2

1 komentar:

Hamba allah mengatakan...

Assalaimualaikum kepada TUAN punya blog dan para pembaca blog yang sangat berharga dan sangat bernilai ini.

Saya ingin memberi cadangan agar mahasiswa pemilik blog dan juga para mahasiswa lain yang belajar/stady di Madinnah dan Mekah dapat membantu rakan senegara dan juga rakan dari Malaysia mahupun dari negara Asean lain yg berhajat melakukan UMRAH (UMROH) ala backpacker.

Dari googling dan searching yang saya lakukan tentang UMRAH back packer, tersangat ramai pemuda/mudi dari Indonesia yg terkenal dgn dengan cekal dan tabah yang mencari info untuk melakukan UMRAH BACKPACKER.

Tentu sekali para siswa/siswi boleh bantu dari segi penginapan semasa di Madinah dan semasa di Mekah pula di bantu oleh SISWA iswa/siswi Mekah Pula. Cara penganngkutan bus SAPTCO Jeddah-Madinah dan Madinah-Makkah serta Mekkah-Jeddah. Tentu usaha para siswa akan di balas kalau tidak dlm bentuk uang, pastinya ganjaran pahala.

Jangan lupa untuk menyediakan ruangan yang boleh di kongsi oleh para pencari umrah ala back packer.

Jangan lupa juga bantuin saya di blog umrahsertaziarah.blogspot.com
Sukran sukran

Posting Komentar