# # # # #

Selasa, 10 Januari 2012

Definisi Karya Tulis Ilmiah

Sebagian orang mengartikan 'karya tulis ilmiah' sebagai sebuah tulisan yang menggunakan referensi beberapa buku atau referensi yang lain tanpa harus mengikuti sistematika atau metode penulisan. Ada juga yang berpendapat bahwa karya tulis ilmiah itu cukup dengan penyertaan dalil - dalil saja tanpa menyebutkan sumber dalil tersebut. Bagi segelintir orang, karya ilmiah itu sama dengan karya non-ilmiah, yang penting enak dibaca dan bermanfaat.


Tentunya beberapa pendapat di atas tidak dapat disalahkan karena kata 'ilmiah' sebagai sifat dari 'karya tulis' juga bermakna banyak. Terlepas dari semua itu, panitia PEKILO tahun ini menyelenggarakan lomba karya tulis ilmiah dengan menggunakan metode atau aturan yang sudah umum dipakai dalam lomba - lomba karya ilmiah tingkat nasional maupun internasional. Yaitu sebuah karya tulis yang mengkaji sebuah hal atau menyelesaikan sebuah permasalahan dengan menggunakan aturan - aturan yang ditetapkan oleh panitia. Biasanya, lomba seperti ini diikuti dengan presentasi atau pemaparan isi karya tersebut. Kegiatan tersebut juga sering disebut dengan muktamar, konferensi, atau seminar.


Maka, tentu sangat beruntung bagi mahasiswa Universitas Islam Madinah yang mengikuti perlombaan ini. Di samping ilmunya bertambah, kemampuan menulis secara ilmiahnya pun juga ikut bertambah.

0 komentar:

Posting Komentar