# # # # #

Rabu, 11 Januari 2012

Langkah Pertama

Untuk memulai menulis karya tulis ilmiah, seorang penulis hendaknya memiliki masalah atau objek kajian yang akan dia bahas. Permasalahan atau objek kajian yang dibahas haruslah mempunyai nilai manfaat untuk orang banyak dan tidak menjiplak karya orang lain. Lebih bagus lagi bila permasalahan tersebut masih 'hangat' diperbincangkan atau masih menjadi 'buah bibir' di masyarakat. Pembaca akan sangat antusias membaca tulisan tersebut.


Di samping itu, yang perlu dipikirkan ialah cara penyelesaian masalah atau lebih dikenal sebagai metode karya ilmiah. Metode apa yang akan dipakai untuk menyelesaikan permasalahan yang ada atau dalam mengkaji sebuah hal. Contohnya dengan menelaah buku - buku yang berkaitan dengan hal tersebut, bisa juga dengan survei, wawancara/interview, atau penelitian di laboratorium apabila diperlukan.


Jika metode yang digunakan ialah dengan menelaah buku - buku atau sumber informasi tulis lainnya, maka yang perlu diperhatikan ialah ketersediaan buku - buku tersebut di sekitar penulis. Jika tidak ada, penulis harus bersusah payah memperoleh buku - buku tersebut walaupun harus dengan membeli. Hal tersebut memang sangat memberatkan, namun, jangan khawatir! Perpustakaan Masjid Nabawi dan perpustakan universitas memiliki banyak sekali koleksi buku yang mungkin belum kita ketahui. Insya Allah, cukup untuk menjadi referensi.



0 komentar:

Posting Komentar